Kamis, 25 Agustus 2011

Pengobatan penyakit Amandel


Pengobatan penyakit Amandel
Amandel( tonsil) terdapat pada semua orang. Amandel membuat limfosit yakni sejenis sel darah putih yang bertugas membunuh kuman yang masuk melalui mulut. Bila amandel sehat-sehat saja atau amandel agak membesar tapi tdak mengganggu jalan pernafasan atau menimbulkan sakit, maka tidak perlu di apa-apakan. Amandel yang perlu diobatin adalah amandel yang meradang ( disebabkan oleh infeksi kuman) sehingga menimbulkan demam, sakit kepala, muntah-muntah, lemas tak bersemangat dan bahkan mengganggu pernafasan,
Resep 1:
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, potong-potong, rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal ¾ saring. Kumur-kumur dengan airnya dan diminum. Lakukan 3-4 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.
Resep 2:
Seibu jari kunyit diparut, seduh dengan segelas air, beriperasan air jeruk nipis dan sesendok makan madu. Minum sekali sehari.
Resep 3:
Beberapa helai daun mengkudu dicuci, rebus sampai matang. Makan sebagai lalap. Namun setiap setengah jam sekali berkumur dengan air ramuan. ( resep ini juga bisa mengobati radang tenggorokan)
Resep 4:
5-10 daun sosor bebek dicuci, bilas dengan air masak, tumbuk sampai halus, peras, saring. Gunakan air tersebut untuk berkumur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
blogger template by arcane palette